Batik Tulis Solo, Original dan Berkualitas

Kota Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kota kerajinana batiknya. Kota yang juga dijuluki kota batik ini memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu kota penghasil batik di Indonesia. Hingga saat ini banyak sekali pedagang dan pengusaha batik yang ada di Kota Solo. Salah satu produk terbaik di Kota Bengawan ini adalah kerajinan batik tulis. Batik yang satu ini pembuatanya masih manual dan dipola menggunakan tangan tanpa mesin. Sehingga lebih dianggap berseni dan unik. Batik tulis solo ini banyak dijumpai di salah satu kampung batik yang ada di Solo yaitu kampung Batik laweyan yang juga sudah terkenal di seluruh penjuru nusantara sebagai wisata batik dan wisata budaya.

Di kampung batik laweyan masih banyak pengusaha yang mempertahankan warisan budaya indonesia ini dengan produksi batik tulis solo. Karena pembuatanya yang manual sehingga batik yang dihasilkan pun tidak sebanyak batik yang dibuat dengan mesin cetak maupun sablon atau cap. Namun hal ini justru menjadi daya tarik dari batik tulis solo ini. Produk yang terbatas justru menambah ke eksklusifan dari produk batik tradisional kota yang memiliki nama resmi Surakarta ini. Meskipun untuk mendapatkan batik yang satu ini memang tidak mudah dan harganya pun lebih mahal daripada batik batik biasa, namun peminat batik tulis solo ini sangat tingga terutama dari luar kota.

Batik tulis solo ini juga memiliki keunikan tersendiri selain proses pembuatan dan budayanya, yaitu berupa motif yang dimiliki. Motif yang dimiliki batik tulis solo ini sudah memiliki motif paten dan tetap. Sedangkan setiap motif yang dibuat memiliki arti yang berbeda beda. Ini lah keunikan keunikan yang dimiliki batik tulis ini sehingga mampu menarik perhatian para peminat batik dari seluruh indonesia bahkan dari luar negeri. Setelah ditetapkanya batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh unesco beberapa tahun lalu, perkembangan batik semakin besar termasuk industri batik tulis di berbagai kota termasuk kota Solo.

Leave a Comment